Friday, September 8, 2017

Jejak peradaban Dinasti Abbasiyah







Tahukah kalian bahwa Dinasti Umayyah yang dirintis oleh Mu'awiyah bin Abi sufyan pada tahun 41 H / 661 M dan dilanjutkan oleh generasi keturunannya mengalami pasang surut ? pada awal didirkan nya , banyak eberhasilan yang dicapai selama masa pemerintahan mu'awiyah sebagi khalifah pertama , terutama  penguatan administrasi pemerintahan dan perluasan wilayah. selanjutnya , masa-masa kejayaan dan kebesaran dialami pada masa pemerintahan Abdul Malik al Walid I , umar IIdan hisyam , baik di bidang politik,militer, ekonomi,budaya,sastra,dan ilmu pengetahuan . namun dalam perkembangannya kemudian, berbagai kesuksesan dan kebesaran yang telah diraih oleh Dinasti Umayyah mengalami kemunduran bahkan memasuki masa kehancuran , antara lain akibat kelemahan-kelemahan di dalam negri dan semakin kuatnya tekanan dari pihak luar . untuk bagaimana proes tersebut terjadi,berut urainya

A. Keruntuhan Dinasti Umayyah/

Dinasti Umayyah berjaya kurang lebih 90 tahun [661-750 M], namun pada akhirnya mengalami masa-masa kemunduruan, ditandai dengan melemanya sistem politik dan pemerintahann, di samping muculnya berbagai tekanan dari luar berupa pemberotakan.

kekhalifah Bani Umayyah sangat lemah dan tidak bisa mengendalikan pemerntahan Hisyam bin Abdul Malik. di kalangan keluarga khalifah sering terjadi pertikaian , misalnya yang dilatar belakangi oleh perebutan kekuasaan untuk menduduki jabatan khalifah.

Kalifah Hisyam diteruskan oleh al- walid II, yazid III, ibrahim ,dan Marwan Muhammad, namun keempatnya hana mampu keempatnya hanya mampu memerntah sekitar tujuh tahun . AL- WALID memerintah selama stu tahun 3 bulan , kemudian digantikan oleh Yazid III yang hanya bertahan selama enam belas bulan. selanjutnya digantikan olh ibrahim bin al-walid bin  Adul malik, tatapi bertahta tidak lebih dari tiga bulan dn digantikan oleh Marwan selama maa kepemimpinannya, Marwan disibukkan mngatasi berbagai pmberntakan, sampai akhirnya ia tewas di medan perang.

Keruntuhan DInasti Umayyah benar-benar terjadi pada tahun 748 M. pasukan Abbas bin Abdul Mutalib yang didukung oleh pasukan Abu Muslim Al-Khurasani menang dalam pertempuran Zab Hulu melawan pasukan Khalifah Marwan. Kekalahan ini menjadi akhir dari kekuasaan Dinasti Umayyah , sekalgus menjadi awal berdirinya Dinasi Abbasiyah mulai tahun 750 M 1258 M.

No comments:
Write comments