Friday, September 8, 2017

Sebab-Sebab Kemunduran Bani Umayyah



1. Figur pewaris kekhalifahan yang lemah, Sepeninggal Hisyam, , tidak ada lagi khalifah yang kuat , mampu memperkuat pemerintah , serta menjaga keutuhan dan kewibawaan negara.

2. Tidak adanya ketntuan tata cara engangkat khalifah . akibatnya , terjadi perebutan kejuasaan di kalangan  anggota keluarga umayyah.

3.pemindahan ibu kota daari madinah ke Damaskus yang meupakan bekas ibu kota  kerajaan Byzantium . gaya hidup mewah bangsawan Byzantium dianggap telah mempengarhi dan ditiru oieh Dinasti Umayyah.

4.para ulama measa kecewa terhadap para penguasa. mereka dipandang tidak memiki integritas keagamaan dan politik yang sesuai dengan syariat islam.

5.pertentangan yang sudah lama terjadi antara suku Arab Utara [disebut Arab Quraisy atau Mudarariyah yang menempati irak] dengan Arab  Selatan [disebut yamani atau Himyariyah yang mendiami wilayah Suriah] mencapai puncaknya. Hal tersebut karena para khalifah berpihak kepadaaa suku Arab Yamani.



6. ketidak puasan sejumlah pemeluk islam no-arab yakni pendatang baru dari bangsa-bangsa yang dikalahkan [disebut''Mawali'']. mereka bersama-sama bangsa Arab megalami beratnya peperangan , tatapi diperlukan sebagai masyarakat kelas dua. Golongan non-arab, terutama di Irak dan wilayah bagian timur lainnya , merasa tidak puas karena status Mawali menggambarkan inferioritas. ditambah lagi dengan keangkuhan bangsa Arab yang diperlihatkan ppada masa Bani Umayyah

7. Latar belakang terbentuknya Daulah Umayyah tidak bisa dipisahkan dari konflik politik yang terjadi di masa Khulafaur Rasydin terakhir , yaitu khalifah Ali bin Abi Talib. Sisa-sisa kaum Syi'ah [pengikut Ali] dan Khawaruj terus menjadi gerakan oposis. penumpasan tehadap gerakan tersebut banyak menyedot kekuatan pemerintah.

8.penyebab langsung tergulingnya Daulah Umayyah adalah munculnya kekuatan baru yang dipelopori oleh keturunan Abbas bin Abdul Mutalib. Gerakan ini mendapat dukungan penuh dari Bani Hasyim, golongan Syi'ah,dan kaum Mawali yang merasa di kelas duakan oleh pemerintahan Bani Umayyah.

No comments:
Write comments