Sunday, March 17, 2019

Kekhalifah Khulafaurrasyidin

Kekhalifah Khulafaurrasyidin


1. Abu Bakar as-Siddiq
        Masa kekhalifah Abu Bakar berjalan selama 2 tahun 3 bulan 11 hari, yaitu tahun 11-13 H/632-634 M. Abu Bakar merupakan sosok khalifah yang berakhlak mulia. Meskipun ia tinggal dan besar dalam keluarga jahiliah, ia tidak pernah mengikuti ajarannya. Beliau juga dikenal sebagai seorang dermawan yang rela menyerahkan seluruh haranya untuk dakwah Rasullah SAW.



2. Umar bin Khattab
       Umar bin khattab menjabat sebagai khalifah selama kurang lebih 10 tahun 6 bulan, yaitu tahun 13-23 H/ 634-644 M. Umar memiliki sifat-sifat yang mulia. Beliau merupakan seorang khalifah yang adil dan tegas dalam berbuat, sederhana, dermawan, dan memiliki rasa sosial yang sangat tinggi. Beliau rela memanggul gandum dan memasakkan sendiri gandum tersebut untuk rakyatnya yang kelaparan.




3. Utsman bin Affan
           Masa pemerintahan Utsman bin Affan termasuk yang paling lama bila dibanding dengan khalifah lainnya, yaitu selama 12 tahun (24-36 H/644-656 M). Utsman terkenal sebagai orang yang kaya dan dermawan. Melalui kekayaannya, dia dermakan untuk mengembangkan agama Islam. Utsman juga dikenal sebagai orang yang selalu mendahulukan hak-hak Allah daripada hak-hak sebagai hamba di dunia.



4. Ali bin Abi Thalib
      Pada akhir bulan Dzulhijjah tahun 35 H bertepatan dengan tanggal 23 Juni tahun 656 M, Ali bin Abi Thalib dilantik menjadi khalifah. Ketika menjadi khalifah, Ali bin Abi Thalib terkenal berani dan tegas dalam menjalankan tugas-tugas kepemimpinannya, menegakkan keadilan, menjalankan undang-undang Allah SWT, serta menindak serta menindak segala macam kezaliman dan kejahatan.

No comments:
Write comments